Simulasi Menyerbu Musuh, Ribuan Personil dan Puluhan Alutsista Dilibatkan dalam Latihan Angkasa Yudha TNI AU

- 24 November 2021, 16:11 WIB
Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan perwira tinggi TNI
Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan perwira tinggi TNI /KABAR LUMAJANG/Rifqi Danwanus

KabarLumajang.com - Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo didampingi jajaran perwira tinggi TNI AU meninjau langsung latihan Angkasa Yudha yang bertempat di Air Weapon Range (AWR) desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang pada Rabu, 24 November 2021.

Latihan itu melibatkan sebanyak 1.579 personil TNI AU serta 52 alutsista udara dari berbagai jenis mulai dari Sukhoi SU 27 dan 30, T50-i golden eagle, F16 fighting falcon, Super Tocano, Cassa 212, Boeing 737, dan Helicopter.

Tak hanya itu, ada juga beberapa jenis senjata pertahanan udara lainnya, seperti Radar, Oerlicon, QW3 dan Gatling Gun turut dilibatkan.

Baca Juga: Profil Jenderal Andika Perkasa, Calon Tunggal Panglima TNI Pilihan Presiden Joko Widodo

Para personil paskhas saat terjun dari pesawat hercules dengan ketinggian 1000 kaki
Para personil paskhas saat terjun dari pesawat hercules dengan ketinggian 1000 kaki (Rifqi Danwanus)

Selama 3 hari manuver lapangan, lebih dari 40 pesawat TNI AU melaksanakan berbagai misi untuk menyerbu area musuh lewat berbagai operasi berjalan lancar.

"Meski cuaca belakangan ini sering hujan, tapi alhamdulillah kali ini kami bisa melakukan latihan dengan baik," kata Fadjar.

Latihan ini digelar untuk memelihara, meningkatkan dan menguji profesionalisme Kotamaops TNI AU dan satuan-satuan jajarannya, dalam menyusun rencana dan melaksanakan operasi udara gabungan pada rencana Kampanye Militer.

Baca Juga: Serbuan Vaksinasi RS TNI AU Soemitro Surabaya Jumat, 19 November 2021 Kuota 1000 Dosis

Halaman:

Editor: Mesha Meilawati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X