Bupati Thoriq Sebut Penanganan Sanitasi di Lumajang Harus Berprogres Setiap Tahun

- 22 November 2021, 19:05 WIB
Bupati dan Wabup Lumajang saat  Audiensi Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Senin (22/11/2021).
Bupati dan Wabup Lumajang saat Audiensi Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Senin (22/11/2021). /KABAR LUMAJANG/Humas Pemkab Lumajang

KabarLumajang.com - Sebagai upaya tuntaskan permasalahan sanitasi, pemkab Lumajang berkomitmen untuk betul-betul fokus dalam menangani problem ini.

Targetnya, ada kenaikan progres dalam setiap tahunnya melalu sejumlah program yag telah dicanangkan lewat Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK).

"Kami komitmen program prioritas supaya sanitasi di Kabupaten Lumajang betul-betul dalam penanganan yang terukur, selalu evaluatif dan setiap tahun ada progres yang baik," tegas Bupati Thoriqul Haq pada Senin, 22 November 2021.

Baca Juga: Cerita Dayu dan Bibit Pohon Angsananya, Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 SD dan MI Halaman 144, 145, 146

Thoriq menjelaskan berbagai langkah telah dilakukan Pemkab untuk mengoptimalkan program sanitasi dari berbagai aspek baik teknis, regulasi, kelembagaan, komunikasi pemberdayaan hingga pendanaan.

Meski begitu, peran masyarakat yang terlibat untuk aktif mendukung percepatan terbentuknya sanitasi yang baik menjadi bagian terpenting.

"Saya bersyukur keterlibatan masyarakat sangat baik di Lumajang, ada koperasi yang memberikan pembiayaan untuk pembangunan jamban, yang memberikan kredit untuk fasilitas jamban, itu semua bentuk inovasi kedepan yang semakin kita lakukan," jelasnya.

Baca Juga: Zuho SF9 Cedera Tulang Rusuk, Tak Ikut Perform di Acara Showcase Album Rumination

Sementara itu, Kepala Bappeda Lumajang, Retno Wulan Andari mengatakan meskipun sanitasi kerap kali dianggap bukan hal prioritas namun aspek perilaku tersebut bagian darihal penting karena menyangkut kualitas hidup masyarakat.

Halaman:

Editor: Elita Sitorini


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X