Khutbah Jumat: Penjelasan Terbaik Soal Tawakal dan Takdir

- 25 Januari 2022, 22:10 WIB
Naskah Khutbah Jumat hari ini yang singkat, padat, dan bermakna tentang tawakal dan takdir.
Naskah Khutbah Jumat hari ini yang singkat, padat, dan bermakna tentang tawakal dan takdir. /Pixabay.com/mohamed_hassan

KabarLumajang.com - Khutbah Jumat kali ini mengambil tema penjelasan terbaik soal tawakal dan takdir.

Khutbah Jumat hari ini disampaikan dalam naskah yang singkat, padat, dan bermakna, sehingga mudah untuk dipahami jamaah.

Khatib dapat menyampaikan materi Khutbah Jumat tentang penjelasan terbaik soal tawakal dan takdir, untuk memberikan pengetahuan bagaimana sikap tawakal yang tepat, dan apa yang disebut takdir.

Baca Juga: Khutbah Jumat Singkat tentang Manusia adalah Makhluk yang Mulia

Materi Khutbah Jumat ini penting disampaikan, agar manusia tidak mudah berputus asa dan menyerahkan pada kata "takdir".

Selengkapnya dapat disimak di bawah ini, dalam Khutbah Jumat singkat, padat, dan bermakna, berjudul "Antara Tawakkal dan Takdir", dikutip KabarLumajang.com dari laman Pondok Pesantren Lirboyo.

Khutbah I

اَلْحَمْدُ للهِ حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلَالِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَلِعَظِيْمِ سُلْطَانِك. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِك. وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَه، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداًداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُه. خَيْرَ نَبِيٍّ أَرْسَلَه. أَرْسَلَهُ اللهُ إِلَى الْعَالَمِ كُلِّهِ بَشِيرْاً وَنَذِيْراً. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً وَسَلَاماً دَائِمَيْنِ مُتَلَازِمَيْنِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْن.
أَمَّا بَعْدُ فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ: اَلَيْسَ اللّٰهُ بِكَافٍ عَبْدَهٗۗ وَيُخَوِّفُوْنَكَ بِالَّذِيْنَ مِنْ دُوْنِهٖۗ وَمَنْ يُّضْلِلِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ هَادٍۚ

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah.
Pada kesempatan yang mulia di siang hari ini, khatib berpesan khususnya kepada diri khatib sendiri dan kepada Hadirin Sidang Jumat pada umumnya, untuk selalu memaksimalkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. Takwa dalam arti menjauhi segala hal yang dilarang syariat dan menunaikan apa-apa yang diperintahkan. Karena dengan begitu kita telah berusaha menjadi hamba yang benar-benar menghamba.

Halaman:

Editor: Elita Sitorini


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x