Khutbah Jumat: Menjaga Kesehatan Adalah Bentuk Ketaatan kepada Allah SWT

- 26 November 2021, 06:15 WIB
Naskah khutbah Jumat mengenai menjaga kesehatan adalah salah satu bentuk ketaatan dan rasa syukur atas kenikmatan kesehatan yang diberikan Allah SWT.
Naskah khutbah Jumat mengenai menjaga kesehatan adalah salah satu bentuk ketaatan dan rasa syukur atas kenikmatan kesehatan yang diberikan Allah SWT. /Pixabay.com/Konevi

KabarLumajang.com - Khutbah Jumat mengenai menjaga kesehatan adalah salah satu bentuk ketaatan dan rasa syukur atas kenikmatan kesehatan yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya, materi ini dapat dijadikan referensi khutbah oleh khotib.

Menjaga kesehatan sangat dianjurkan dalam Agama Islam karena dengan tubuh yang sehat, seorang hamba dapat beribadah kepada Allah SWT dengan lebih bersemangat.

Kesehatan merupakan nikmat yang diberikan Allah SWT dan harus dijaga, karena di akhirat kelak segala sesuatu yang telah diberikan Allah SWT akan dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Khutbah Jumat: Perintah Untuk Berbakti Kepada Orang Tua yang Telah Meninggal

Dilansir KabarLumajang.com dari laman Pondok Pesantren Lirboyo, berikut naskah khutbah Jumat mengenai menjaga kesehatan adalah salah satu bentuk ketaatan dan rasa syukur atas kenikmatan kesehatan yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya, dapat dijadikan khotib untuk referensi penyampaian khutbah di ibadah sholat Jumat.

Khutbah I

اَلْحَمْدُ للهِ الْقَائِلُ : وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّۗ اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ جَمِيْلُ يُحِبُّ الْجَمَالَ، نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ خَيْرُ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. صَلُّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.

Hadirin jama’ah sholat jum’at yang dirahmati Allah SWT
Datangnya agama Islam tidak lain mengajak kepada manusia untuk memperbaiki ruh dan hati dengan aqidah yang benar. Di samping itu, agama Islam juga mengajak agar manusia berperilaku sehat. Karena dengan badan yang sehat, manusia dapat beribadah dan bekerja sebagai lantaran untuk menggapai jalan akhirat (mendapatkan ridha Allah SWT). Tanpa badan yang sehat, seseorang akan merasa berat untuk beribadah maupun beraktivitas seperti biasanya.

Baca Juga: Khutbah Jumat: Hubungan Antara Tawakkal dan Takdir Dapat Menguatkan Keimanan Seseorang Kepada Allah SWT

Halaman:

Editor: Mesha Meilawati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network