Khutbah Jumat: Perintah Untuk Berbakti Kepada Orang Tua yang Telah Meninggal

- 25 November 2021, 22:28 WIB
Naskah khutbah Jumat mengenai perintah Allah SWT untuk berbakti kepada orang tua baik ketika orang tua masih hidup maupun telah meninggal dunia.
Naskah khutbah Jumat mengenai perintah Allah SWT untuk berbakti kepada orang tua baik ketika orang tua masih hidup maupun telah meninggal dunia. /Pixabay.com/Raventhorne//

KabarLumajang.com - Khutbah Jumat mengenai perintah Allah SWT untuk tetap berbakti kepada orang tua meskipun beliau telah meninggal dunia dapat dijadikan referensi materi khutbah oleh khotib.

Berbakti kepada orang tua merupakan perintah Allah SWT dan telah tercantum dalam Al Quran maupun hadist.

Dalam ajaran Islam berbakti kepada orang tua tidak hanya berlaku saat kedua orang tua masih hidup, ketika telah meninggal dunia pun sang anak juga tetap harus berbakti kepada orang tua dengan cara-cara yang telah tercantum dalam Al Quran maupun hadist, salah satunya adalah selalu mendoakannya.

Baca Juga: Khutbah Jumat: Hubungan Antara Tawakkal dan Takdir Dapat Menguatkan Keimanan Seseorang Kepada Allah SWT

Dilansir KabarLumajang.com dari laman Pondok Pesantren Lirboyo, berikut naskah khutbah Jumat mengenai perintah Allah SWT untuk tetap berbakti kepada orang tua baik ketika orang tua masih hidup maupun telah meninggal dunia.

Khutbah Pertama
اَلْحَمْدُ للهِ الْقَائِلُ : وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ قَضَى بِعِبَادَتِهِ وَبِرُّ الْوَالِدَيْنِ . وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ خَيْرُ مَنْ اَرْشَدَ النَّاسَ إِلَى الْبِرِّ وَحُسْنُ الْخُلُقِ . صَلًّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ . أَمَّا بَعْدُ :

Hadirin jama’ah sholat jum’at yang dirahmati Allah Swt
Orang tua menjadi sebab hidup dan wujudnya seorang anak di dunia. Peran orang tua sangat besar dalam mewarnai hidup seorang anak. Kita diperintahkan oleh Allah untuk berbuat baik dan berbakti kepada keduanya. Hal ini berlandaskan dari al-Qur’an, Allah Swt berfirman:

Baca Juga: Khutbah Jumat: Lakukan 5 Sikap ini untuk Menghadapi Fitnah di Media, Jangan Menghina dan Mencela

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالۡوَالِدَيۡنِ اِحۡسَانًا‌ ؕ اِمَّا يَـبۡلُغَنَّ عِنۡدَكَ الۡكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ اَوۡ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوۡلًا كَرِيۡمًا‏

Halaman:

Editor: Elita Sitorini


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X