Khutbah Jumat Spesial 25 November: Berkahnya Ilmu dengan Menghormati Sang Guru

- 24 November 2021, 18:10 WIB
Khutbah Jumat spesial 25 November: Berkahnya Ilmu dengan Menghormati Sang Guru.
Khutbah Jumat spesial 25 November: Berkahnya Ilmu dengan Menghormati Sang Guru. /pexels.com/Katerina Holmes

KabarLumajang.com - Berikut adalah khutbah Jumat spesial 25 November dengan tema berkahnya ilmu dengan menghormati guru.

Guru merupakan pahlawan yang telah mengabdikan dirinya untuk mencerdaskan anak bangsa. Guru juga merupakan orang tua kita di sekolah yang harus kita hormati agar berkahnya ilmu yang kita peroleh.

Di Indonesia, setiap tanggal 25 November akan diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hal ini merupakan bentuk rasa hormat dan terima kasih kita terhadap guru-guru yang telah berjasa selama ini.

Baca Juga: Khutbah Jumat: Hati-hati! Amalan Kita Dapat Terhapus Tanpa Kita Sadari

Dikutip KabarLumajang.com dari laman lirboyo.net, berikut teks khutbah Jumat bertajuk "Berkahnya Ilmu dengan Menghormati Sang Guru" spesial hari guru nasional pada 25 November 2021.

اَلحَمدُ لِلهِ الَّذِي فَضَّلَ بَنِي آدَمَ بِالعِلمِ وَالعَمَل.
أَشهَدُ أَن لَا إِلهَ إلَّا اللهُ العَليمُ الجَمَال.
وَأَشهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبدُهُ وَرَسُولُهُ الهَادِي إلَى دَرَجَاتِ العيال.
أللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّم عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأصحَابِهِ وَمَن تَبِعَ هُدَاهُ إِلَى يَومِ القِيَامَة.
أَمَّا بَعدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوصِيكُم وَإِيَّايَ بِتَقوَى اللهِ. فَقَد فَازَ المُتَّقُونَ. وَقَالَ تَعَالى وَمِنَ النَّاسِ وَالدَّوَابِّ وَالْأَنْعَامِ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ كَذَٰلِكَ ۗ إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ ۗ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ.

Hadirin jama’ah jumat rohimakumulloh,

Pendidikan merupakan hal sangat penting dalam membangun peradaban yang tinggi di dunia ini. Dengan adanya pendidikan, ilmu-ilmu yang sudah terdahulu disampaikan bisa disalurkan bahkan dikembangkan. Pendidikan yang berhasil akan melahirkan generasi-generasi yang berpengetahuan luas dan bertaqwa. Nabi Saw. bersabda:

إذا أتَى عَلَيَّ يَومٌ لَا أَزدَادُ فِيهِ عِلمًا يُقَرِّبُنِي إِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ فَلَا بُورِكَ لِي فِي طُلُوعِ شَمسِ ذلِكَ اليَومِ

Halaman:

Editor: Mesha Meilawati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X