Khutbah Jumat Singkat Tema Hari Santri Tentang Peringatan Hari Santri Nasional

- 20 Oktober 2021, 07:48 WIB
Khutbah Jumat tema Hari Santri untuk memperingati Hari Santri Nasional 2021.
Khutbah Jumat tema Hari Santri untuk memperingati Hari Santri Nasional 2021. /Pixabay.com/kirill_sobolev

KabarLumajang.com - Berikut ini adalah teks Khutbah Jumat tema Hari Santri Nasional yang rutin diperingati setiap tahunnya pada 22 Oktober.

Dengan naskah yang singkat, Khutbah Jumat bertema khusus ini cocok disampaikan dalam momentum peringatan Hari Santri Nasional pada Jumat, 22 Oktober 2021.

Khutbah Jumat tema peringatan Hari Santri Nasional ini dapat mengilhami para jamaah Sholat Jumat untuk lebih mengetahui sejarah hari ditetapkannya Hari Santri Nasional.

Baca Juga: Khutbah Jumat Terbaru Bulan Maulid Nabi Rabiul Awal: Akhlak Rasulullah Bagai Al-Quran Berjalan

Untuk pertama kalinya, Hari Santri Nasional ditetapkan pada 22 Oktober 2015 oleh Joko Widodo di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Penetapan Hari Santri Nasional oleh pemerintah adalah untuk terus mengingat dan meneladani semangat juang para santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Ketika itu pada rrentang 21-22 Oktober 1945, terdapat seruan fatwa jihad fi sabilillah yang ketika yang digaungkan ke pelosok nusantara.

Baca Juga: Khutbah Jumat Maulid Nabi Singkat Terbaru tentang Meneladani Akhlak Rasulullah

Adanya fatwa tersebut karena Indonesia sedang menghadapi Agresi Militer ke-2 oleh Inggris untuk menjajah kembali Indonesia karena berhasil sebagai pemenang perang dunia ke-2.

Halaman:

Editor: Sigit Wibisono


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X