Orang yang Pernah Kena DBD Lebih Kebal terhadap Infeksi Virus Corona? Ini Penjelasan Ilmiahnya

- 25 September 2020, 20:55 WIB
Ilustrasi nyamuk demam berdarah. /Pixabay/FotoshopTofs/

KABAR LUMAJANG - Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini tampaknya tidak akan segera berakhir jika vaksin tidak kunjung ditemukan.

Kendati demikian, penelitian terbaru mengungkapkan ada beberapa orang yang ternyata memiliki kekebalan terhadap virus corona baru yang menjadi penyebab Covid-19 ini.

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Miguel Nicolelis, profesor di Duke University, Brasil, mengungkap fakta baru mengenai penyebaran virus corona.

Penelitian tersebut menganalisis hubungan antara penyebaran covid-19 dengan wabah demam berdarah dengue (DBD) di Brasil.

Baca Juga: Masih Bingung Apa Itu Deals Sekitarmu ShopeePay? Simak Tips dan Triknya

Dari hasil pengamatan tersebut, paparan penyakit demam berdarah oleh nyamuk ternyata dapat memberikan kekebalan tubuh terhadap infeksi virus corona.

Dikutip KabarLumajang.com dari artikel Portal Jember yang berjudul Terbaru! Peneliti Ungkap Orang-orang Ini Mungkin Kebal Covid-19, Siapa Saja?, para peneliti membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

Hasilnya, di daerah yang sempat terjadi wabah demam berdarah hebat pada 2019 dan 2020, mengalami kasus covid-19 yang cenderung rendah.

Tidak hanya itu, peningkatan kasus positif Covid-19 di daerah-daerah tersebut juga cenderung lebih lambat dibandingkan daerah lainnya.

Halaman:

Editor: Mabruri Pudyas Salim

Sumber: Portal Jember


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X