Segera Bawa Anak ke Rumah Sakit Saat Ada Gejala Awal Hepatitis pada Anak, Jangan Tunggu Mata dan Kulit Kuning

- 14 Mei 2022, 20:13 WIB
Ilustrasi Diare
Ilustrasi Diare /Nastya_gepp/Pixabay

KabarLumajang.com - Saat anak terserang gejala awal hepatitis, orang tua tak perlu panik tetap waspada namun ingat, segera bawa ke rumah sakit jangan menunggu sampai mata dan kulitnya menjadi kuning atau mengalami icterus.

Imbauan ini disampaikan oleh dr. Ade Rachmat Yudiyanto, Sp.A(K), M.Ked(Ped) sebagaimana dilansir KabarLumajang.com dari ANTARA.

Gejala awal hepatitis yang patut diwaspadai adalah diare, mual, muntah, sakit perut dan dapat disertai demam ringan.

Baca Juga: Rekomendasi HP Samsung Harga 2 Jutaan Terbaik Bulan Mei 2022, Ada Samsung Galaxy A13 dan Samsung Galaxy M32

Bila anak-anak mengalami gejala-gejala tersebut segera bawa anak ke dokter keluarga atau ke puskesmas sebelum gejala berlanjut.

Sebab menurut Ade, jika sampai terjadi kuning pada kulit dan mata hingga penurunan kesadaran maka pasien harus dirawat di ruang perawatan intensif atau ICU.

Hal itu menunjukkan bahwa infeksi telah sangat parah bahkan merusak organ hati sehingga pasien perlu dicangkok hatinya agar fungsi hati kembali normal.

Baca Juga: 7 Rekomendasi HP Oppo Harga 3 Jutaan Terbaik Mei 2022, dari Oppo Reno5, Reno5 F, Reno4 F, hingga A74 5G

Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini juga menambahkan selain membawa anak ke dokter atau puskesmas, orang tua juga harus memastikan agar anak beristirahat dengan total, menjaga asupan cairan anak dan ion tubuh agar tidak sampai dehidrasi.

Halaman:

Editor: Elita Sitorini

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x