Mandi Malam Sebabkan Rematik, Mitos atau Fakta?

- 25 November 2021, 20:56 WIB
Ilustrasi orang mandi.
Ilustrasi orang mandi. /Pixabay.com/Pexels.

KabarLumajang.com - Mandi pada malam hari kerap kali dikaitkan dengan penyakit rematik yang ditandai oleh sendi-sendi yang sering berbunyi saat digerakkan.

Banyak orang yang yakin bahwa mandi pada malam hari dapat menyebabkan penyakit rematik. Akan tetapi, apakah keyakinan itu didasari fakta ilmiah atau mitos belaka?

Dilansir KabarLumajang.com dari unggahan di akun Instagram dr. Vito Anggarino Damay pada Rabu, 24 November 2021, dijelaskan bahwa sebenarnya mandi malam tidak memiliki keterkaitan sebab-akibat dengan penyakit rematik.

Baca Juga: Cara Mengetahui Sifat dan Karakter Seseorang dari Hari Lahir dan Elemennya

Dikatakan oleh dr. Vito, penyakit rematik termasuk penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi-sendi tubuh.

"Tandanya seperti bengkak di bagian sendi, nyeri sendi, hingga kekakuan sendi. Ada banyak faktor penyebab rematik, seperti faktor genetik," tulis dr. Vito dalam unggahannya.

Menurut dr. Vito, mandi malam justru memiliki sejumlah manfaat tertentu, misalnya membantu tubuh lebih rileks sebelum tidur.

Baca Juga: 4 Tanda Anak Cerdas Sejak Bayi, Salah Satunya Mudah Mengekspresikan Emosi

"Mandi malam, terutama pakai air hangat, bisa membantu menurunkan suhu tubuh sehingga kita akan merasa lebih rileks dan cepat mengantuk," ujar dr. Vito.

Halaman:

Editor: Sigit Wibisono


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X